A. Visi
Visi
adalah wawasan yang menjadi sumber arahan bagi madrasah dan digunakan
untuk memandu perumusan misi madrasah. Dengan kata lain, visi adalah
pandangan jauh ke depan ke mana madrasah akan dibawa. Visi adalah gambaran
masa depan yang diinginkan oleh madrasah agar madrasah yang
bersangkutan dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Gambaran masa depan madrasah (visi) tentunya harus didasarkan pada landasan yuridis, yaitu
undang-undang pendidikan dan sejumlah peraturan pemerintahnya, khususnya tujuan pendidikan nasional sesuai jenjang dan
jenis madrasahnya dan sesuai dengan profil madrasah yang bersangkutan.
Dengan kata lain, visi madrasah harus tetap dalam koridor kebijakan
pendidikan nasional, tetapi seauai dengan kebutuhan anak dan masyarakat
yang dilayani. Tujuan pendidikan nasional sama, tetapi profil madrasah
khususnya potensi dan kebutuhan masyarakat yang dilayani madrasah tidak
selalu sama. Oleh karena itu, dimungkinkan madrasah memiliki visi yang
tidak sama dengan madrasah lain, asalkan tidak keluar dari koridor
nasional, yaitu tujuan pendidikan nasional.
Perhatikan contoh visi madrasah berikut!
- Madrasah
yang terletak di kota besar, siswanya berasal dari keluarga mampu
berpendidikan tinggi yang memiliki harapan anaknya menjadi orang hebat,
lulusannya melanjutkan ke madrasah/sekolah favorit yang lebih tinggi,
dapat merumuskan visinya: UNGGUL DALAM BERIBADAH, BERAKHLAQUL KARIMAH, BERPRESTASI, DAN TERAMPIL.
- Madrasah
yang terletak di perkotaan, mayoritas siswanya berasal dari keluarga
mampu dan hampir seluruh lulusannya ingin melanjutkan ke
madrasah/sekolah yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya: UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ.
- Madrasah
yang terletak di daerah pedesaan yang umumnya tidak maju dari
madrasah/sekolah di perkotaan dan banyak siswanya tidak melanjutkan ke
madrasah/sekolah yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya: TERDIDIK DAN TERAMPIL BERDASARKAN IMTAQ.
- Madrasah
yang terletak di daerah pinggiran kota (urban) yang umumnya tingkat
kemajuannya menengah dibanding madrasah/sekolah di perkotaan atau
pedesaan; masyarakatnya pekerja, lingkungannya abangan, perilaku moral
rendah, dan banyak siswanya tidak melanjutkan ke madrasah/sekolah yang
lebih tinggi, dapat merumuskan visinya: BERAKHLAQUL KARIMAH DAN TERAMPIL BERDASARKAN IMTAQ.
Keempat
visi di atas, sama-sama benar sepanjang masih dalam koridor tujuan
pendidikan nasional. Tentu saja, perumusan visi harus disesuaikan dengan
tujuan dari setiap jenjang dan jenis madrasah sebagaimana dituliskan
dalam peraturan pemerintah.
Visi yang pada umumnya dirumuskan
dalam kalimat yang filosofis seperti contoh di atas, seringkali memiliki
aneka tafsir. Setiap orang dapat menafsirkan secara berbeda-beda
sehingga dapat menimbulkan perselisihan dalam implementasinya. Bahkan
jika terjadi penggantian pimpinan madrasah maka kepala madrasah yang
baru tidak jarang memberi tafsir yang berbeda dengan kepala madarsah
sebelumnya. Oleh karena itu, agar tidak memberikan tafsir yang berbeda,
visi itu sebaiknya diberikan penjelasan berupa indikator-indikator
(penanda-penanda) apa yang dimaksudkannya.
Perhatikan contoh penjelasan indikator-indikator visi!
a. Visi Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa dapat dijabarkan indikator sebagai berikut.
Visi | Indikator |
Unggul dalam prestasi |
- Unggul dalam perolehan UN
- Unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
- Unggul dalam lomba karya ilmiah remaja
- Unggul dalam lomba kreativitas
- Unggul dalam lomba kesenian
- Unggul dalam lomba olahraga
|
Beriman dan bertaqwa |
- Unggul dalam disiplin
- Unggul dalam aktivitas keagamaan
- Unggul dalam kepedulian social
|
- Visi Unggul dalam Beribadah, Berakhlakul karimah, Berprestasi, dan Terampil dapat dijabarkan indicator sebagai berikut.
Visi | Indikator |
Unggul dalam beribadah |
- Hafal dan fasih bacaan salat, gerakan salat, dan keserasian gerakan dan bacaan.
- Hafal dan fasih do’a setelah salat
- Hafal dan fasih do’a-doa harian muslim.
- Tertib menjalankan salat fardhu
- Tertib menjalankan salat sunah rowatib
- Dll.
|
Unggul dalam berakhlaqul karimah |
- Jujur
- Amanah
- Sidiq
- fatonah
- Disiplin
- Sportif
- Tanggung jawab
- Percaya diri
- Hormat pada orang tua dan guru
- Menyayangi sesama
- Suka menolong
|
Unggul dalam prestasi |
- Unggul dalam pencapaian nilai UAM di atas rata-rata madrasah
- Unggul dalam berbagai lomba mapel
- Unggul dalam lomba KIR
- Unggul dalam berbagai lomba olah raga
- Unggul dalam berbagai lomba seni
- Unggul dalam lomba keagamaan
- Unggul dalam lomba pidato
- Unggul dalam lomba menulis kreatif (sastra)
- Dll.
|
Unggul dalam keterampilan (life skill) |
- Terampil mengoperasikan aplikasi komputer dan internet
- Terampil dalam menjalankan keterampilan hidup (life skills)
- Terampil menjadi public speaker.
- Dll.
|
B. Misi
Misi
adalah tindakan untuk mewujudkan/merealisasikan visi. Karena visi harus
mengakomodasi semua kelompok kepentingan di madrasah, misi dapat juga
diartikan sebagai tindakan untuk memenuhi kepentingan tiap-tiap kelompok
yang terkait dengan madrasah.
Dalam merumuskan misi harus
mempertimbangkan tugas pokok madrasah dan kelompok-kelompok kepentingan
yang terkait dengan madrasah. Dengan kata lain, misi adalah bentuk
layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan
berbagai indikatornya.
Perhatikan contoh jabaran misi berdasarkan visi!
Visi | Indikator |
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa |
- Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa
berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
- Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah
- Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
- Menerapkan
manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan
kelompok kepentingan yang terkait dengan madrasah.
|
Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, dan terampil |
- Menumbuhkan
penghayatan dan pengamalan ajaran Islam sehingga siswa menjadi tekun
beribadah, jujur, disiplin, sportif, tanggung jawab, percaya diri,
hormat pada orang tua, dan guru serta menyayangi sesama.
- Melaksanakan
pembelajaran dan pendampingan secara efektif sehingga setiap siswa
dapat berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UN di atas standar
minimal, unggul dalam prestasi keagamaan, dan unggul dalam keterampilan
sebagai bekal hidup di masyarakat.
- Melaksanakan pembelajaran
ekstrakurikuler secara efektif sesuai bakat dan minat sehingga setiap
siswa memiliki keunggulan dalam berbagai lomba keagamaan, unggul dalam
berbagai lomba olah raga, dan seni.
- Menumbuhkan sikap gemar membaca dan selalu haus akan pengetahuan.
- Melaksanakan tata tertib sekolah secara konsisten dan konsekuen.
- Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan stakeholder.
- Melaksanakan pembinaan dan penelitian siswa
- Mengadakan
komunikasi dan koordinasi antarmadrasah, masyarakat, orang tua dan
instansi lain yang terkait secara periodik dan berkesinambungan.
|
C. Tujuan Madrasah
Setelah dirumuskan visi dan misi, selanjutnya madrasah merumuskan tujuan.
Tujuan merupakan “apa” yang akan dicapai/dihasilkan oleh madrasah yang
bersangkutan dan “kapan” tujuan akan dicapai. Jika visi dan misi terkait
dengan jangka waktu yang panjang, tujuan dikaitkan dengan jangka waktu
yang pendek, yaitu ± 3 s.d. 5 tahun. Dengan demikian, tujuan pada
dasarnya merupakan tahapan wujud madrasah menuju visi yang telah
dicanangkan.
Jika visi merupakan gambaran madrasah di masa depan
secara utuh (ideal), tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu 3 s.d 5
tahun mungkin belum seideal visi atau belum selengkap visi. Dengan kata
lain, tujuan dapat terwujud sebagian dari visi.
Perhatkan contoh jabaran tujuan madrasah berdasarkan visi!
Visi | Tujuan Madrasah |
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa |
- Pada tahun 2009 rata-rata UN mencapai nilai minimal 7,0.
- Pada tahun 2009 proporsi lulusan yang melanjutkan ke sekolah/madrasah unggul minimal 40%.
- Pada tahun 2009 memiliki kelompok KIR dan mampu menjadi finalis LKIR tingkat nasional.
- Pada tahun 2009 memiliki tim olahraga minimal 3 cabang dan mampu menjadi finalis tingkat propinsi.
- Pada tahun 2009 memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten/kota.
- Dll.
|
Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, dan terampil | Pada akhir tahun pelajaran 2009/ 2010 madrasah dapat:
- Memperoleh nilai UN rata-rata 7.0.
- Mengoptimalkan
proses pembelajaran dengan pendekatan yang bervariasi inovatif, dan
bermakna, di antaranya CTL serta layanan bimbingan dan konseling.
- Meningkatkan jumlah siswa yang diterima di sekolah favorit/unggul sekurang-kurangnya 75% dari jumlah yang lulus
- Mengembangkan kedisiplinan dari seluruh komponen sekolah (stakeholder) untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktivitas serta sebagai aset madrasah
- Meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa melalui pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler
- Mampu menempatkan diri sebagai sekolah yang mengembangkan pendidikan berbasis ICT.
- Melestarikan budaya daerah melalui mulok bahasa daerah dengan indikator 85% siswa mampu berbahasa Jawa sesuai konteks yang ada.
- Membekali sekurang-kurangnya 95% siswa mampu membaca dan menulis Al Qur’an
- Membekali 100% siswa mampu mengakses informasi yang positif dari internet
- Membiasakan sekurang-kurangnya 95 % siswa terbiasa sholat berjamaah.
|
1 comments:
wah... pelajaran berharga,,,
makasih..
sekalian izin COPAST
Posting Komentar